Bagaimana Langkah Membuat Video Animasi untuk Pemula

shape image

Bagaimana Langkah Membuat Video Animasi untuk Pemula

Kartun selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Seperti film Disney, Cartoon Network, Nickelodeon yang saat ini sedang banyak ditonton. Keunikan karakter dan cerita petualangannya membuat kita ingin terus menonton dan menunggu sekuelnya.

Bagaimana Langkah Membuat Video Animasi untuk Pemula

Apalagi tidak jarang kita juga peduli untuk membuat video animasi yang mirip dengan film yang kita tonton. Akan menyenangkan untuk membuat karakter animasi dengan cerita kita sendiri, bukan?

Cara membuat video animasi tidaklah sulit. Apalagi sekarang ini banyak sekali website atau video tutorial cara membuat video animasi. Banyak aplikasi untuk membuat video animasi juga banyak tersedia saat ini.

Pada artikel ini, kami juga akan mengulas cara membuat video animasi untuk pemula yang diadaptasi dari halaman berita teknologi kami.

Kami membuat skrip

Cara pertama untuk membuat video animasi adalah dengan membuat teks. Untuk membuat atau membuat skrip akan lebih mudah untuk memasukkan hal-hal berikut:

  • Apa tujuan utama dari video yang dibuat.
  • Siapa yang membuat videonya?
  • Pesan yang akan dikirim dari video.
  • Urutan video dan bahasa yang digunakan.
  • Berapa banyak teks yang seharusnya.
  • Reaksi seperti apa yang diharapkan dari penonton setelah menonton video tersebut.

Buat video yang sesuai dengan pesan yang disampaikan dan tidak terlalu rumit sehingga penonton cepat bosan. Yang terpenting adalah penonton dapat memahami makna dari video animasi tersebut.

Papan cerita

Cara kedua untuk membuat video animasi adalah dengan membuat storyboard. Setelah Anda selesai membuat teks, Anda dapat melanjutkan membuat storyboard. Storyboard ini digunakan untuk preview ide cerita dari script yang kita buat. Dapat dikatakan bahwa ini adalah gambaran kasar dari keseluruhan video yang disusun secara berurutan sesuai dengan teks cerita.

Ini akan sangat berguna, terutama bagi pemula, untuk memprediksi cara membuat video. Storyboard biasanya dibuat sebagai panel dengan kotak-kotak berbeda yang berisi gambar-gambar adegan dari cerita. Selain memuat ide cerita visual, dengan storyboard, kami juga menyertakan cara mengorientasikan hal-hal menurut ide cerita, tetapi dengan sudut pandang dan sinematografi.

Pilih jenis video animasi

Cara membuat video animasi yang ketiga adalah dengan memilih jenis video animasi. Beberapa jenis video animasi yang sering digunakan antara lain:

  1. animasi 2D
  2. animasi 3d
  3. animasi
  4. berhenti gerak
  5. animasi papan tulis
  6. animasi tipografi
  7. Animasi infografis

Buat sulih suara

Cara keempat untuk membuat video animasi adalah dengan membuat sulih suara. Kehidupan pengaturan skrip selesai, Anda telah memutuskan jenis animasi apa yang ingin Anda buat, Anda dapat melanjutkan untuk melakukan sulih suara sesuai dengan skrip. Perlu diingat bahwa teks yang Anda tulis sudah berisi durasi agar pembicara tidak bingung dan hasilnya memuaskan. Video animasi yang dibuat akan disesuaikan dengan ucapan.

Melakukan sulih suara terlebih dahulu daripada animasi akan memudahkan kita. Karena jika terjadi kesalahan, lebih mudah mengubah animasi daripada mengubah sulih suara.

Tips memilih pengisi suara adalah mencocokkan karakter animasi dengan pengisi suara. Jika karakter kartun animasi yang Anda buat adalah anak-anak dengan karakter ceria, maka pengisinya harus sama. Di sisi lain, jika karakter animasi adalah orang dewasa yang penuh kekuatan, maka karakter tersebut juga harus memiliki suara yang memiliki kesan yang sama.

Buat video animasi

Cara membuat video animasi yang kelima adalah dengan membuat video animasi. Saat teks dan sulih suara sudah siap, Anda dapat mulai membuat video animasi. Anda memerlukan komputer, perangkat lunak, atau situs web untuk membuat animasi dan koneksi internet.

Anda dapat mengandalkan kemampuan Anda sendiri untuk membuatnya. Namun, jika Anda tidak yakin dapat menghasilkan video berkualitas, Anda dapat mencari bantuan dari penerjemah video lepas atau perusahaan rintisan yang berfokus pada pembuatan video animasi.

latar belakang musik

Cara terakhir untuk membuat video animasi adalah dengan menambahkan musik latar. Kurangnya video pasti akan terasa tanpa efek background music kan? Musik latar ini akan menghidupkan dan mendukung suasana yang coba diciptakan oleh karakter animasi.

Oleh karena itu, jika subjeknya senang, musik latar juga harus sesuai untuk membuat lingkungan terlihat lebih realistis. Di sisi lain, jika subjek video yang Anda buat menarik atau sedih, maka efek musiknya juga harus mengikuti.

Anda bisa mendapatkan musik latar dengan membuat musik Anda sendiri atau mencarinya di Internet. Namun, pastikan bahwa suara musik yang Anda inginkan bebas hak cipta. Anda dapat menemukan musik latar bebas royalti di YouTube, musik Stok Gratis, perpustakaan audio, dan banyak lagi.

Aplikasi Pembuat Video Animasi

  1. FlipaClip, aplikasi khusus untuk pengguna smartphone. Meski terbatas pada ponsel, namun fungsi yang disediakan FlipaClip sudah tidak diragukan lagi.
  2. Pencil2D Animation, aplikasi yang digunakan untuk membuat video animasi 2D di laptop. Program ini cocok untuk pemula yang baru pertama kali belajar. Pencil2D Animation dapat diakses secara bebas dan dapat digunakan di semua platform seperti Windows, Mac, dan Linux.
  3. Draw Cartoons 2, aplikasi yang akan memudahkan Anda karena ada beberapa jenis template karakter yang dapat Anda gunakan secara gratis.
  4. Synfig Studio, aplikasi yang hampir mirip dengan Pencil2D. Ini juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang baru memulai saluran YouTube. Anda juga dapat menggunakannya secara gratis tanpa membayar biaya berlangganan.
  5. Blender, aplikasi yang dapat membantu Anda membuat video animasi 3D. Blender menawarkan banyak fitur menarik bagi pengguna yang ingin membuat model 3D, pelacakan gerak, game, dll.
  6. Stick Nodes, yang memiliki banyak fitur yang disediakan oleh Stick Nodes yang memungkinkan Anda membuat animasi dengan karakter Stickman. Untuk menghasilkan gerakan, triknya adalah dengan menggerakkan karakter di setiap frame.

All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now