Dongeng Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

shape image

Dongeng Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Sambil menyelam minum air. Demikianlah sebuah peribahasa yang sering kita dengar. Peribahasa itu memiliki maksud bahwa dengan hanya melakukan satu pekerjaan, pekerjaan lain juga akhir. Hal ini juga memiliki arti dengan melakukan sebuah pekerjaan, seseorang bisa mendapatkan hasil lainnya. Peribahasa ini sama maknanya dengan peribahasa “Sambil berdiang, nasi pun masak” dan “Sekali mendayung, dua/tiga pulau terlampaui”. Peribahasa ini juga dapat tercermin dalam cerita berikut.
 
Pada bulan kemudian, Bu Ani membutuhkan jasa seseorang untuk membungkus keripik pisangnya ke dalam plastik. Kebetulan pekerja yang umum melakukannya jatuh sakit. Bu Ani kebingungan mencari pekerja lainnya. Oleh alasannya adalah itu, Tono menganjurkan jikalau beliau akan menolong Bu Ani. Tono ialah putra bungsu Bu Ani yang kini telah duduk di kelas 6 sekolah dasar.

Bu Ani semula tidak setuju karena beliau tak inginanaknya kecapekan dan mengganggu belajarnya. Tentunya karena telah kelas VI, Tono mesti lebih konsentrasi berguru dalam rangka merencanakan ujian kelulusannya nanti. Tono meyakinkan ibunya jikalau ia tidak akan kelelahan. Tono menyampaikan kalau ia bisa berguru pada waktu berdiri tidur pada pagi hari.

Belajar di pagi hari berdasarkan Tono sangat bagus. Di waktu pagi, keadaannya sangat tenang dan tidak ada gangguan. Ketika kondisi tenang, fikiran bisa konsentrasi sarat . Udara yang sejuk di pagi hari juga membuat badan menjadi nyaman dikala mencar ilmu.

Akhirnya, Bu Ani oke alasannya adalah memang sangat mendesak. Tono pun menolong Bu Ani memasukkan keripik pisang ke dalam kemasan plastik. Keripik pisang itu sangat banyak. Tono pun belajar menghitung keripik-keripik yang telah dibungkus. Ia juga mencar ilmu mengganti berat keripik yang semula gram menjadi kilogram. Tidak sadar, bahwa selain menolong ibunya, Tono mampu belajar matematika.

Pekerjaan itu kesannya diatasi dengan baik. Tanpa mencari pekerja, pekerjaan Bu Ani sudah tamat atas perlindungan Tono. Ia pun dapat mencar ilmu matematika. Tidak hanya itu, ternyata Tono diberi duit saku suplemen oleh Bu Ani sebab sudah membantunya. Dari sebuah pekerjaan, Tono dapat menolong ibunya, mencar ilmu matematika, dan sekaligus menerima uang. Dengan niat cuma membungkus kripik, ternyata Tono bisa meraih tiga faedah sekaligus. Dengan begitu, tindakan Tono mencerminkan peribahasa “Sambil menyelam minum air”.

 

Soal menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan “Sambil Menyelam Minum Air”

 

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1.    Apakah arti sambil menyelam minum air?
2.    Mengapa Bu Ani kebingungan mencari pekerja?
3.    Mengapa Bu Ani tidak setuju bila Tono membantunya?
4.    Siapa yang risikonya membantu Bu Ani?
5.    Siapakah Tono?
6.    Apa pekerjaan yang dilaksanakan oleh Tono?
7.    Mengapa Tono beropini bahwa berguru di pagi hari itu baik?
8.    Bungkus keripik yang dibuat dari apa?
9.    Apa pelajaran yang dipelajari Tono sambil bekerja?
10.    Apa yang diberikan Bu Ani kepada Tono sehabis simpulan melakukan pekerjaan ?
All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now