20 Soal Menentukan Istilah Atau Idiom Berdasarkan Kisah Gambaran

shape image

20 Soal Menentukan Istilah Atau Idiom Berdasarkan Kisah Gambaran

Dalam soal cobaan sekolah biasa dimunculkan soal memilih ungkapan atau idiom menurut cerita ilustrasi yang dihidangkan. Soal ini termasuk soal yang mudah asalkan siswa paham apalagi dulu makna-makna ungkapan atau idiom dalam bahasa Indonesia. Siswa juga mesti memahami makna ilustrasi kisah yang disajikan dalam soal. Untuk melatihnya, DapurImajinasi akan suguhkan beberapa teladan soal tentang memilih perumpamaan atau idiom berdasarkan ilustrasi cerita yang disuguhkan. 



VIDEO SINGKAT CONTOH UNGKAPAN DALAM BAHASA INDONESIA



1. Surya, Wisnu, Rama, dan Lintang tergabung dalam  regu piket hari Rabu. Wisnu senantiasa datang terlambat ke sekolah sehingga jarang melaksanakan piket pagi. Saat  teman-temannya sibuk membersihkan kelas, Wisnu juga tidak mau menolong.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, ungkapan yang sempurna untuk memberikan sifat Wisnu adalah … .
a. berat tangan  
b. angkat tangan  
c. ringan tangan
d. cuci tangan 

2. Sungguh kasihan nasib Pak Arman. Dia dipecat dari perusahaannya. Penyebabnya yakni dia dituduh menggelapkan sejumlah uang perusahaan. Padahal, Pak Arman tidak melakukannya. Ada orang lain yang melakukannya, namun dia yang menjadi korban.

Berdasarkan ilustrasi cerita di atas, istilah yang sempurna untuk nasib Pak Arman ialah….
a. panjang tangan 
b. kambing hitam 
c. anak buah
d. gelap mata

3. Muhammad Umar Faqih anak orang kaya. Ia rajin ibadah  dan akil. Tak heran jika beliau selalu menjadi juara kelas. Namun demikian dia tidak pernah pilih-pilih teman dan tidak angkuh. Temannya sungguh mencintai.

Ungkapan yang tepat dengan sikap Umar Faqih dalam cerita ilustrasi ialah ...
a. menarik hati 
b. rendah hati 
c. ringan tangan
d. berbesar hati

4. Diana banyak sahabat. Dia supel dan suka menolong. Dengan bahagia hati ia menolong sahabat yang membutuhkan. Bahkan tanpa diminta pun, ia sering membantu orang lain.

Ungkapan yang sesuai dengan perilaku Diana dalam cerita gambaran yaitu ...
a. kaki tangan 
b. tangan hampa 
c. ringan tangan
d. tangan panjang

 (Baca juga: Ilustrasi Cerita Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air)
5. Dani tidak pernah menyerah menghadapi duduk perkara. Dia selalu memiliki cara untuk menuntaskan duduk perkara yang dihadapi. Ada-ada saja cara yang beliau pakai untuk menangani problem.

Ungkapan yang sempurna untuk ilustrasi cerita Dani  yaitu ….
a. Panjang tangan 
b. Panjang angan 
c. Panjang logika
d. Panjang langkah

6. Pak Ranto seorang buruh bangunan. Ia senantiasa bekerja keras untuk memadai kebutuhan keluarga. Setiap hari,  ia mesti berair kuyup oleh tetesan keringatnya sendiri. Dalam hati ia berkata, “Hanya inilah yang mampu saya lakukan.” Harapannya cuma ingin menerima rezeki yang berlimpah. “Inilah yang mau dipersembahkan terhadap keluargaku”.

Ungkapan yang cocok dengan sikap Pak Ranto dalam gambaran dongeng adalah … .
a. Memeras keringat
b. Memeras otak 
c. Beradu dengkul
d. Berkerut kening

7. Pak Wangsa sudah puluhan tahun menjadi pembantu di keluarga Pak Tamrin. Untuk itu, Pak Wangsa sudah sungguh dipercayai oleh Pak Tamrin. Tak jarang, Pak Tamrin meminta pinjaman Pak Wangsa untuk memecahkan urusan yang penting.

Kalimat yang berisi perumpamaan yang tepat sesuai gambaran dongeng di atas ialah … .
a. Pak Tamrin yaitu ajun Pak Wangsa
b. Pak Wangsa yaitu ajun Pak Tamrin
c. Pak Wangsa ialah kambing hitam Pak Tamrin
d. Pak Tamrin yakni kambing hitam Pak Wangsa

8. Doni ialah anak yang arif di kelasnya. Ia selalu menjadi juara kelas. Ayah Doni yakni seorang pebisnis yang sungguh kaya. Akan tetapi, Doni senantiasa baik terhadap semua temannya. Doni tidak pernah menunjukkan keunggulan yang ia miliki. Ia berteman dengan semua orang tanpa membeda-bedakan.

Ungkapan yang sempurna untuk menggambarkan sikap Doni dalam ilustrasi kisah ialah ….
a. tinggi hati 
b. gembira diri 
c. rendah diri
d. rendah hati

9. Patih Reksadanu memiliki kesaktian. Kesaktiannya itu tidak ada yang mampu menandingi. Karena merasa memiliki keampuhan, Patih Reksadanu tidak pernah mau menghargai orang lain. Ia merasa paling perkasa.

Sifat yang dimiliki Patih Reksadanu dalam ilustrasi cerita di atas sesuai dengan ungkapan… .
a. tinggi hati 
b. lemah hati
c. keras hati
d. rendah hati

10. Bima ingin meminum teh botol. Tutupnya yang terbuat dari logam sungguh susah dilepas dari botolnya yang terbuat dari beling. Walaupun telah menggunakan tuas untuk melepasnya, beliau masih kesusahan untuk melepas tutup tersebut. Akhirnya, ia memanaskan sebentar tutup botol itu di atas kompor gas yang menyala. Tutup botol itu memuai, lalu dengan mudah Bima dapat melepasnya memakai tuas.

Ungkapan yang sempurna sesuai ilustrasi cerita di atas yakni … .
a. panjang nalar 
b. otak encer 
c. logika bulus
d. berpikir jernih

(Baca juga: Soal Menentukan Ide Pokok Paragraf)

11. Danu bukan anak akil, tetapi beliau menggemari sepakbola. Setiap hari beliau berlatih. Ia bahkan masuk dalam tim inti futsal di sekolahnya. Berbagai perlombaan sering dibarengi Danu dan timnya. Sampai balasannya Danu menjadi sosok yang dikenal dalam dunia sepakbola. Kehadirannya dalam setiap pertandingan selalu dinanti-nantikan oleh para pecinta sepakbola.

Ungkapan yang sempurna untuk gambaran cerita di atas adalah ...
a. naik daun 
b. bintang lapangan
c. naik pitam
d. hijau daun

12. Banyak orang yang heran klub itu memenangkan pertandingan itu alasannya selama ini klub itu cuma dipandang remeh.

Ungkapan yang tepat untuk gambaran cerita di atas adalah ...
a. kuda hitam 
b. lembah hitam 
c. kambing hitam
d. kupu hitam

13. Pak Joko seorang buruh bangunan. Ia senantiasa bersusah payah untuk menghidupi keluarganya. Ia tidak peduli cuaca yang terjadi. Hujan dan panas tidak mampu menghalanginya untuk melakukan pekerjaan . Keringat yang membasahi tubuhnya, tidak membuatnya frustasi dalam menjalani kehidupannya.

Ungkapan yang sesuai dengan gambaran cerita di atas yaitu….
a. kepala hambar
b. banting tulang 
c. keras kepala
d. naik pitam

14. Larasati ialah orang desa yang mendadak terkenal karena ikut audisi menyanyi di televisi. Sekarang ia menjadi kaya raya. Gaya hidupnya berlebih-lebihan dan suka menghambur-hamburkan uang. Ia tidak menyadari bahwa sebelumnya beliau hanya anak desa yang miskin. Ia bahkan kini tidak memedulikan keluarganya yang miskin di desa.

Ungkapan yang tepat sesuai gambaran dongeng di atas yakni … .
a. naik daun 
b. tinggi hati 
c. tampang tebal
d. lupa daratan

15. Adikku memiliki seorang sobat, Ia bernama Anton. Anton anak orang kaya. Orang tuanya sangat memanjakannya, apa pun keinginannya senantiasa dituruti. Akibatnya, Anton suka membanggakan kekayaan orang tuanya.

Ungkapan yang cocok dengan ilustrasi kisah di atas ialah ....
a. Besar hati 
b. Anak mama 
c. Besar lisan
d. Tinggi hati

(Baca juga: Menentukan Pesan Pantun - Kumpulan Soal Sesuai Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI)

16. Tidak ada anak yang mau berteman dengan Bobon. Bukan karena badan Bobon yang sungguh tambun, Bobon sering membuat sahabat-temannya bosan dengan bualannya. Tidak jarang dia mengarang kisah yang ahli tentang dirinya padahal sama sekali tidak benar adanya. Jika sahabat-temannya meminta Bobon untuk menerangkan ucapannya, Bobon selalu berkelit.

Ungkapan yang cocok dengan sifat Bobon dalam ilustrasi dongeng adalah … .
a. besar mulut
b. besar kepala 
c.  keras hati
d. keras kepala

17. Setiap hari Radit telat datang ke sekolah. Ia membenci menggunakan seragam dengan rapi. Berulang-ulang Radit mendapat perayaan. Radit pun sering mendapat tutorial dari guru konseling. Akan namun, Radit belum bisa mengubah kebiasaan buruknya. Hingga sebuah hari orang tua Radit dipanggil ke sekolah. Setelah mengetahui tindakan Radit, emosi orang tua Radit naik. Akan tetapi, guru kelas Radit dapat meredam emosi orang tua Radit.

Ungkapan yang sempurna berdasarkan hal yang dialami orang tua Radit dalam gambaran cerita ialah. …
a. naik pangkat 
b. naik darah 
c. naik daun
d. naik haji

18. Jihan berasal dari keluarga yang berkecukupan dan terpandang di kampungnya. Namun demikian ia tidak bersikap angkuh dan merendahkan orang lain. Ia juga berteman dengan semua orang tanpa membeda-bedakan.

Ungkapan yang tepat dengan gambaran cerita di atas adalah ….
a. Hati putih 
b. Besar hati 
c. Rendah hati
d. Lapang hati

19. Dayat termasuk anak yang cerdas di kelasnya. Setiap hari, ia niscaya membuka internet untuk belajar selain dari buku pelajaran yang ada. Melalui internet, dia mendapatkan cara membuat roket air. Pengetahuannya dikembangkan menjadi sebuah karya tulis ilmiah dan dilombakan. Dayat pun sukses menjadi pemenang. Naskah yang ditulisnya itu diantarke majalah sampaumur. Hasil karya Dayat dibaca banyak orang dan dia juga menerima honor dari tulisannya. Meski demikan, Dayat tidak pernah angkuh atas prestasinya.
Ungkapan yang sempurna untuk Dayat dalam ilustrasi kisah di atas adalah ....
a. rendah diri 
b. rendah hati 
c. kepala hambar
d. luas hati

20. Indah, Dani, Silvi, dan Amar akan mengerjakan tugas golongan bareng . Mereka diberi peran untuk menciptakan kerajinan tangan dari bambu. Mereka telah menyetujui peran masing-masing. Indah dan Silvi menerima tugas menjinjing pisau dapur, Dani dan Amar bertugas menjinjing sepotong bambu. Indah, Silvi, dan Dani menenteng peran masing-masing. Namun, Amar tidak menjinjing bambu yang ditugasinya. Bahkan, saat ditanya oleh sahabat-temannya, Amar berkata bahwa beliau tidak mendapatkan peran apapun.

Berdasarkan gambaran dongeng tersebut, budbahasa Amar dapat disamakan dengan perumpamaan ....
a. Lepas tangan
b. Panjang tangan
c. Ringan tangan
d. Tangan kanan

(Baca juga: Menulis Dialog Berdasarkan Teks Cerita)

Silakan cek dengan kunci balasan berikut!
Setelah mengerjakan soal istilah menurut gambaran, silakan cek tanggapan dengan kunci balasan berikut!
1. a
2. b
3. b
4. c
5. c
6. a
7. b
8. d
9. a
10. a
11. b
12. a
13. b
14. d
15. d
16. a
17. b
18. c
19. b
20.  a

All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now