Soal Online Menentukan Jenis Paragraf

shape image

Soal Online Menentukan Jenis Paragraf


Di kisi-kisi ujian sekolah, disebutkan indikator memilih jenis paragraf sehingga pada postingan kali ini DapurImajinasi akan menyuguhkan Soal Online Menentukan Jenis Paragraf. Jenis paragraf yang terdapat dalam soal ini yakni jenis paragraf yang dibagi menjadi lima berdasarkan isinya. Jenis paragraf tersebut yakni narasi, deskripsi, alasan, eksposisi, dan persuasi. Sebelum melaksanakan soal online memilih jenis paragraf ini, semestinya sobat-teman mempelajari materinya yang terdapat di postingan sebelumnya, yaitu Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya.

Materi Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Paragraf berdasarkan isinya dibagi menjadi lima jenis, yakni paragraf narasi, deskripsi, alasan, eksposisi, dan persuasi. Setiap jenis paragraf memiliki ciri-ciri masing-masing. Paragraf narasi ialah paragraf yang bertujuan untuk menceritakan sesuatu. Paragraf narasi banyak dipakai untuk membuat cerita dalam bentuk cerpen, cernak, novel, dan lain-lain. Ciri-ciri paragraf narasi adalah mengandung pelaku atau tokoh dan kronologi kisah/insiden.

Paragraf deskripsi juga sering digunakan dalam cerpen, cernak, maupun novel. Namun, tujuannya berlainan. Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan sesuatu, mampu kondisi, benda, atau objek tertentu. Dengan paragraf deskripsi, pembaca seakan-akan dapat menyaksikan sendiri keadaan yang digambarkan dalam teks. 

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi usulan. Penulis menggunakan paragraf alasan untuk menuangkan gagasannya. Tujuannya yakni pembaca sepakat dengan pemikirannya yang dituangkan dalam teks. Penulis paragraf alasan biasanya menawarkan data/bukti-bukti untuk memperkuat gagasannya.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang fungsinya untuk menjelaskan atau memaparkan suatu hal. Paragraf eksposisi biasa digunakan untuk menyebarkan penjelasan sebuah proses, pengertian, dan jenis-jenis. 

Paragraf yang terakhir yaitu paragraf persuasi. Paragraf ini gampang untuk dimengerti sebab ciri khasnya. Paragraf persuasi ialah paragraf yang isinya mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu. Ciri-cirinya ialah adanya kalimat permintaan dalam isi paragraf. Paragraf persuasi sering dipakai seseorang untuk mengembangkan teks pidato.

Petunjuk Mengerjakan Soal Online Menentukan Jenis Paragraf.

1. Isi data secara lengkap
2. Nama diisi dengan nama lengkap
3. Silakan pilih kelasmu.
4. Soal berjumlah 20 dan berbentuk isian singkat.
5. Pengetikan tanggapan tidak boleh salah sedikit pun (typo), jawaban bisa diisi dengan jawaban: narasi, deskripsi, alasan, eksposisi, atau persuasi.
6. Jawaban typo dianggap SALAH.
6. Jawaban dengan nama jenis paragraf lain, seperti naratif, deskriptif, argumentatif, ekspositif, dan persuasif dianggap SALAH alasannya adalah metode tidak bisa membacanya.
6. Satu soal memiliki skor nilai 5 poin.
7. Setelah 20 soal dijawab, silakan klik SUBMIT/ KIRIM lalu VIEW SCORE (LIHAT SKOR) untuk  menyaksikan nilai yang diperoleh .

Selamat menjalankan soal-soal berikut!

All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now