Jenis Paragraf Menurut Isinya

shape image

Jenis Paragraf Menurut Isinya


Selain menurut letak kalimat utama (Baca di Sini), jenis paragraf juga mampu dibagi berdasarkan isinya. Ada 5 jenis paragraf menurut isinya, adalah paragraf narasi, deskripsi, alasan, persuasi, dan argumentasi. Berikut klarifikasi kelima jenis paragraf tersebut beserta contohnya. Contoh paragraf bernuansa tentang kelapa semoga pembaca kian gampang dalam mengerti perbedaan kelima jenis paragraf menurut isinya.

Simak video penjelasan wacana jenis-jenis paragraf menurut isinya berikut.

1. Paragraf Narasi

Paragraf narasi yaitu paragraf yang menceritakan perihal suatu hal. Paragraf ini biasa ditandai dengan tokoh dan urutan waktu atau alur. Berikut pola paragraf narasi.
Kemarin sore Arkan memetik buah kelapa. Ia memanjat pohon kelapa dengan lincah. Ia memetik buah kelapa dengan suatu sabit. Setelah mendapat sepuluh butir kelapa, dia turun dengan sungguh cepat.

2. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi ialah paragraf yang menggambarkan sebuah hal. Paragraf ini bermaksud supaya pembaca seperti berada langsung di kondisi yang digambarkan oleh teks. Paragraf ini biasa digunakan untuk menggambarkan ciri-ciri, kawasan, situasi, dan lain-lain. Berikut contoh paragraf deskripsi.
Batang pohon kelapa tidak bercabang. Tinggi pohonnya mampu mencapai belasan meter. Akarnya serabut. Tulang daunnya sejajar. Buahnya bergerombol dalam suatu tangkai buah. Warna buahnya ada yang hijau, kuning, dan cokelat tergantung jenisnya. 

3. Paragraf Argumentasi

Paragraf alasan yakni paragraf yang di dalamnya berisi usulan atau tanggapan kepada suatu tema atau problem. Paragraf alasan bertujuan meyakinkan pemabaca atas ide atau pendapat dari penulis. Berikut acuan paragraf argumentasi.
Menurut para jago, air kelapa muda sangat berkhasiat bagi tubuh. Air buah kelapa mengandung elektrolit yang baik bagi orang dehidrasi. Maka tidak heran, bila setelah mengonsumsi air kelapa, tubuh kita akan terasa segar.

4. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi ialah paragraf yang isinya menerangkan sesuatu. Paragraf eksposisi biasa digunakan untuk menjelaskan tata cara, pemahaman, jenis-jenis, manfaat, proses, dan lain-lain. Berikut contoh paragraf eksposisi.
Cara menciptakan es degan sirup cukup mudah. Ambil air dari buah kelapa muda, kemudian ambil daging buahnya. Campurkan daging buah dengan air kelapa. Tambahkan gula dan sirup seperlunya. Aduk rata dan tambahkan es supaya rasanya menyegarkan.

5. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya berupa usul terhadap pembaca semoga mau melakukan hal yang dibahas dalam paragraf. Paragraf persuasi ditandai dengan beberapa kalimat yang intinya berupa permintaan. Kalimat permintaan tersebut biasa dituliskan dengan kata-kata: ayo, mari, saya mengajak, dan lain-lain. Berikut acuan paragraf persuasi.
Kelapa adalah pohon sejuta faedah. Buahnya bisa untuk materi minuman. Batangnya dipakai sebagai materi bangunan. Akarnya sungguh kokoh untuk menahan abrasi dan abrasi. Namun, sekarang pohon kelapa telah mulai berkurang jumlahnya. Oleh alasannya itu, marilah kita menanam pohon kelapa.
Untuk mebguji kesanggupan kalian dalam mengetahui bahan berikut, kalian bisa menjajal menjalankan soal online ihwal jenis paragraf menurut isinya yang sudah diposting oleh DapurImajinasi. Soal tersebut mampu kalian lakukan dalam artikel Soal Online Menentukan Jenis Paragraf.

All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now