Struktur Teks Deskripsi Bahasa Indonesia

shape image

Struktur Teks Deskripsi Bahasa Indonesia

Kali ini kita akan belajar ihwal struktur teks deskripsi bahasa Indonesia. Bacaan yang termasuk teks deskripsi memiliki struktur. Adanya struktur dalam teks deskripsi akan membuat lebih mudah pembaca dalam memahami teks deskripsi. Karena dengan adanya struktur, teks deskripsi akan tersaji secara sistematis. Teks deskripsi yang strukturnya sudah sistematis tentunya akan gampang diketahui dikala dibaca.

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum mengetahui struktur teks deskripsi, kita pelajari dahulu pengertian teks deskripsi. Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran suatu objek dengan kata-kata yang jelas dan terang. Teks deskripsi biasa digunakan selaku naskah latar belakang suatu video, contohnya review rumah, kendaraan beroda empat, smartphone, dan lain-lain.

Mencermati Struktur Teks Deskripsi

Marilah mencermati struktur teks deskripsi. Teks deskripsi terdiri atas 3 struktur, ialah kenali, deskripsi bagian, dan simpulan. 

Struktur Teks Deskripsi

1. Identifikasi

Identifikasi berisi gambaran lazim perihal objek yang mau dideskripsikan. Bagian ini berisi pernyataan-pernyataan biasa tentang objek yang dideskripsikan. Pernyataan umum tersebut dapat berbentuknama objek, sejarah lahirnya objek, lokasi, makna nama, dan lain-lain. Tujuan adanya kenali yaitu memperlihatkan gambaran secara lazim terhadap pembaca tentang objek yang mau dideskripsikan sehingga pembaca memiliki bekal pengetahuan awal kepada objek sebelum membaca ke bagian teks deskripsi selanjutnya. Bagian identifikasi teks deskripsi umumditaruh di paragraf pertama.

Berikut contoh kenali teks deskripsi.

     Senggigi yaitu salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai yang panjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga fantastis. Pura Bolong menjadi embel-embel wisata di Pantai Senggigi.

Paragraf di atas menggambarkan Pantai Senggigi secara biasa . Paragraf tersebut yaitu paragraf pembuka teks deskripsi dengan objek pembahasan Pantai Senggigi. 

2. Deskripsi bagian

Deskripsi bab yakni beberapa paragraf yang berisi penggambaran secara rincian tentang objek yang dideskripsikan. Deskripsi bab biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Jumah paragraf tergantung banyaknya bab yang dideskripsikan. Secara sederhana, mampu dicontohkan mirip berikut. Kita akan mendeskripsikan pohon mangga. Nah, kita bisa menciptakan deskripsi bagian 1 berbentukpenggambaran akar mangga. Deskripsi bab 2 berbentukpenggambaran batang mangga. Deskripsi bagian 3 berupa penggambaran daun mangga, dan seterusnya. 

Berikut pola deskripsi bagian dengan objek Pantai Senggigi.

       Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam. membuat keindahan pantai ini semakin mempesona. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram makin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan dekorasi buih-buih putih higienis. Sungguh elok panorama pantai ini. Bukit-bukit tampak menjadi latar bab pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya sungguh-sungguh mirip lukisan di kanvas alam yang luas terhampar.

       Pemandangan bawah bahari Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah bahari yang menawan . Terumbu karang tampak berwarna-warni sungguh indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah bahari Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam Anda mampu menyaksikan panorama bawah laut yang menakjubkan. Anda akan melihat betapa memesonanya taman bawah lautnya. Air bahari yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan bervariasi memperbesar keindahan taman laut di Senggigi.

Dua paragraf di atas yaitu contoh deskrispi bagian teks deskripsi yang membicarakan tentang Pantai Senggigi. Paragraf pertama ialah deskripsi bab yang menggambarkan salah satu bagian Pantai Senggigi, yakni bibir pantainya. Sementara itu, paragraf kedua yaitu deskripsi bagian yang menggambarkan pemandangan bawah maritim Senggigi.

3. Simpulan

Simpulan ialah struktur epilog dalam teks deskripsi. Simpulan teks deskripsi berisi kesan penulis kepada objek yang telah dideskripsikan. Berikut contoh paragraf selesai teks deskripsi.

      Wisata pantai Senggigi menunjukkan sejuta keindahan dan ketentraman. Wisatawan akan dimanjakan dengan sejuta pesonanya. Pemandangan Pantai Senggigi memang menakjubkan. 

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

Ada berbagai macam pengembangan deskripsi bagian. Jenis pengembangan ini diubahsuaikan dengan objek yang dideskripsikan. Berikut jenis-jenis pengembangan deskripsi bab.

1. Deskripsi bagian berdasarkan ruang

Jenis pengembangan ini dilakukan dengan cara memerinci bab-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya penulis mendeskripsikan suatu rumah, dia mendeskripsikan bagian teras rumah, ruang tamu, ruang kamar, dapur, kamar mandi, dan lain-lain.

2. Deskripsi bab berdasarkan anggota bab-bab objek

Jenis pengembangan ini dilaksanakan dengan cara memerinci bagian-bagian objek yang dideskripsikan. Misalnya penulis mendeskripsikan Pantai Senggigi. Deskripsi bagian yang mampu dibentuk menurut bagiannya yaitu deskripsi panorama bibir pantainya, bawah lautnya, bangunan sekitar pantai, dan lain-lain.

3. Deskripsi bab menurut proses sesuatu berlangsung.

Jenis pengembangan ini dapat dilaksanakan dengan cara memerinci bab awal, tengah, dan simpulan. Jenis pengembangan ini bisa digunakan untuk berbagi pementasan, proses, dan lain-lain. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, tengah pementasan, dan akhir pementasan.

4. Deskripsi bagian berupa pengutamaan

Jenis pengembangan ini dapat dilakukan dengan mendeskripsikan bagian yang digemari atau konsentrasi satu objek. Misalnya penulis ingin mendeskripsikan bab bibir Pantai Senggigi. Penulis mampu mendeskripsikan bibir Pantai Senggigi dalam beberapa paragraf. 





All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now