Video Pembelajaran Drama Dhemit Karya Heru Kesawa Murti

shape image

Video Pembelajaran Drama Dhemit Karya Heru Kesawa Murti

Video pembelajaran drama "Dhemit" Karya Heru Kesawa Murti ini mampu dijadikan selaku media pembelajaran bahasa Indonesia di dalam kelas. Video ini merupakan hasil pementasan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNS Surakarta angkatan 2006. Terkadang, berbagai video drama yang ada di Youtube hasil pementasan, namun durasi waktunya terlalu panjang. Ada yang sampai satu jam, bahkan dua jam. Video pembelajaran yang terlalu usang durasinya bisa membuat bosan atau siswa mengantuk. Tidak hanya itu, waktu pembelajaran pun tidak mampu efektif sebab waktu banyak dihabiskan untuk menonton video. Durasi video ini hanya sekitar 15 menit. Durasi yang sangat cukup untuk isian dalam pembelajaran. 

Video pembelajaran drama "Dhemit" karya Herus Kesawa Murti dapat ditonton di Channel Youtube DapurImajinasi atau eksklusif di sini.

 

(Tonton juga:  Drama Komedi Anak Sekolah Lucu Sekali)

 

Isi Video Pembelajaran Drama Dhemit


Video drama Dhemit karya Heru Kesawa Murti ini menceritakan seorang pekerja proyek yang sedang kebingungan. Ia berdiskusi dengan bawahannya untuk memecahkan problem yang sedang dialaminya. Pekerja proyek tersebut resah karena ia mesti menebang semua pohon di lahan yang mau dibangunnya. Pekerjaan penebangan pohon sudah dilaksanakan dan nyaris semua pohon berhasil ditumbangkan. Namun, ternyata masih ada satu pohon yang sulit untuk dirobohkan. Pohon itu telah coba ditebang dengan gergaji, bahkan menggunakan ekskavator, namun hasilnya tetap nihil. Pohon itu tetap kokoh berdiri, dan benda-benda yang dipakai untuk merobohkan rusak.

Pohon yang kokoh bangun itu ialah pohon preh yang ukurannya besar. Secara nalar, pohon itu bahwasanya mudah dirobohkan. Namun, ada hal lain yang ternyata melindungi pohon itu. Ternyata, pohon besar itu ada penghuninya dari dunia lain. Mereka terusik dan tetap berusaha menjaga kawasan tinggal mereka. Ada Jin Kiai Preh sebagai ketua golongan para jin dan anak buahnya seperti kuntilanak, jerangkong, suster ngesot, genderuwo, sawan, pocong, dan lain-lain.

(Baca juga: Naskah Mini Drama Dua Pintu)

 

Berisi Kritik Sosial dan Ajakan Cinta Lingkungan

Drama teater Dhemit ini mengetengahkan kritik sosial perihal pembangunan di kurun kini yang semakin gencar. Banyak pembangunan yang tidak mengindahkan pengaruh lingkungan. Hal yang dipentingkan hanyalah keuntungan dari pembangunan itu. Hikmah tersirat yang dapat diambil dari kisah drama Dhemit ini yakni undangan untuk cinta lingkungan. Pembangunan tetap sah saja dilakukan, hanya saja mesti sesuai dengan analisis pengaruh lingkungan sehingga tidak merugikan banyak pihak.

(Baca juga: Naskah Drama lelaki Tua dan Angkringan)
 


All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now