Soal Mencari Ide Pokok Dan Penjelasannya

shape image

Soal Mencari Ide Pokok Dan Penjelasannya



Soal wangsit pokok sering dimunculkan dalam soal bahasa Indonesia. Tak heran jika, banyak yang mencari rujukan perihal soal inspirasi pokok dalam bacaan. Sebenarnya mencari ide pokok dalam bacaan yaitu sesuatu hal yang mudah. Praktis? Iya gampang, alasannya adalah intinya mencari ide pokok dalam paragraf atau bacaan itu intinya kita mencari tanggapan dari “paragraf itu membicarakan wacana apa? Namun, tidak hanya sekadar satu atau dua kata kunci “bahas apa?” saja. Kita harus konsentrasi pada inti permasalahan yang dibahas dalam paragraf. 

Sebelum lanjut ke bagian kumpulan soal mencari inspirasi pokok, Dapur Imajinasi akan menjelaskan teladan mencari ilham pokok dalam sebuah bacaan yang berisikan tiga paragraf. Dengan mengerti ini, sebelum latihan mencari ilham pokok, setidaknya Sobat Dapur Imajinasi punya bekal yang mantap dalam mengerjakan soal tentang mencari pandangan baru pokok.  Apalagi soal inspirasi pokok banyak kita dapatkan di soal-soal Ujian Nasional (UN) atau Ujian Sekolah/Madrasah (US/M).


Video cara menentukan inspirasi pokok:




Baca juga: Kumpulan Soal UN Bahasa Indonesia

Tips mencari ilham pokok:

1.      Baca bacaan dengan saksama dan ketahui isinya
2.      Buatlah pertanyaan di dalam hati “paragraf itu membahas apa?”
3.      Buatlah balasan atas pertanyaanmu tadi.
4.      Tulislah wangsit pokok sesuai balasan yang sudah disimpulkan
Untuk lebih jelasnya, silakan terapkan kiat di atas untuk mencari inspirasi pokok dalam bacaan berikut!

Baca juga: Cara Menentukan Ide Pokok

Perhatikan Cairan yang Masuk ke Tubuhmu
Mengatur pola minum air itu ternyata sangat penting. Jangan sampai kita kekurangan cairan. Kenapa? Jika kekurangan cairan, kita mampu terkena kehilangan cairan tubuh . Nah, dikala kekurangan cairan tubuh konsentrasi kita menyusut dan tubuh kita juga akan terasa lemas.
Ada cara untuk mengetahui keadaan cairan di badan kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jika warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam tubuh kita telah cukup.
Kelebihan cairan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini utamanya dikala melaksanakan olahraga berat. Ternyata  kelebihan minum air saat olahraga itu mampu menyebabkan kekurangan natrium yang mampu menimbulkan otak abses. Selain itu, keunggulan minum air dikala olahraga berat mampu menciptakan seseorang tiba-datang menjadi kejang-kejang, kesadaran menurun, dan gejala mual.

Setelah membaca paragraf pertama, membahas apakah paragraf tersebut? Lebih detailnya, kita baca dan pahami lagi paragraf itu!

Mengatur contoh minum air itu ternyata sungguh penting. Jangan sampai kita kekurangan cairan. Kenapa? Jika kelemahan cairan, kita mampu terkena kehilangan cairan tubuh . Nah, saat dehidrasi fokus kita menyusut dan tubuh kita juga akan terasa lemas.

Paragraf di atas memiliki kalimat utama “Mengatur pola minum air itu ternyata sungguh penting”. Dari kalimat utama tersebut dapat kita dapatkan ide pokoknya yaitu “Pentingnya mengontrol teladan minum air”. Ide pokok itu telah mewakili isi paragraf dengan keyword “Mengatur teladan minum air sungguh penting alasannya adalah bila tubuh kekurangan cairan bisa menimbulkan kekurangan cairan tubuh”.

Selanjutnya mari kita tentukan inspirasi pokok paragraf kedua. Ada baiknya kita baca lagi paragraf kedua.

Ada cara untuk mengenali kondisi cairan di tubuh kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jika warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam tubuh kita sudah cukup.

Paragraf di atas memiliki kalimat utama “Ada cara untuk mengetahui kondisi cairan di badan kita”. Setelah itu kalimat itu diterangkan dengan beberapa kalimat penjelas yang berisi berita atau pernyataan ihwal cara mengenali keadaan cairan di tubuh. Dapat kita simpulkan, wangsit pokok paragraf di atas yakni “Cara mengenali keadaan cairan di badan”.

Baca juga: Cara Menentukan Kalimat Utama Paragraf

Terakhir, mari kita pastikan wangsit pokok paragraf ketiga. Mari kita baca lagi supaya lebih paham.

Kelebihan cairan juga tidak baik untuk badan. Hal ini terutama saat melakukan olahraga berat. Ternyata  kelebihan minum air dikala olahraga itu bisa mengakibatkan kekurangan natrium yang mampu menjadikan otak infeksi. Selain itu, kelebihan minum air ketika olahraga berat dapat menciptakan seseorang tiba-tiba menjadi kejang-kejang, kesadaran menurun, dan gejala mual.

Setelah dibaca dengan saksama, paragraf di atas membicarakan tentang balasan negatif jikalau keunggulan cairan tubuh. Hal itu terkandung dalam kalimat utama paragraf, yaitu “Kelebihan cairan juga tidak baik untuk badan”. Kalimat utama tersebut kemudian diperjelas dengan kalimat penjelas yang memberitahukan balasan-balasan jika keunggulan cairan yang masuk ke badan. Makara, wangsit pokok paragraf di atas yaitu “Akibat negatif jika kelebihan cairan yang masuk ke tubuh”.

Nah, secara keseluruhan, inspirasi pokok yang terkandung dalam tiga paragraf bacaan di atas, dapat diringkas seabagai berikut.
a.    Ide pokok paragraf pertama
       Pentingnya mengendalikan pola minum air
b.    Ide pokok paragraf kedua
       Cara mengetahui kondisi cairan di badan
c.    Ide pokok paragraf ketiga
      Akibat negatif kalau keunggulan cairan yang masuk ke badan

Baca juga: Jenis-Jenis Paragraf Berdasar Kalimat Utama

Selanjutnya, untuk latihan-latihan soal mencari ide pokok, kami hidangkan beberapa soal tentang mencari inspirasi pokok dengan bermacam tema. Silakan gunakan soal ini untuk mengajar, sumber mencar ilmu, atau tes cobaan dengan syarat silakan isi komentar di bawah artikel ini atau bagikan postingan ini media umum yang sobat punyai.

Soal-Soal Mencari Ide Pokok


1.        Sampah plastik sungguh berbahaya jika dibuang asal-asalan. Sampah plastik tidak bisa membusuk. Ini memiliki arti sampah plastik tidak dapat didaur ulang oleh alam. Jika terbawa oleh air sungai akan mengganggu ekosistem. Banyak makhluk hidup yang mati karena menelan sampah plastik.
Ide pokok bacaan di atas yaitu ... .
a. mencampakkan sampah asal pilih
b. dampak mencampakkan sampah sembarangan
c. imbas membuang sampah plastik secara sembarangan
d. sampah plastik tidak dapat didaur ulang oleh alam

2.        Banyak jalan yang dilewati kendaraan-kendaraan bermotor mulai rusak berat. Lubang-lubang yang cukup besar ada di mana-mana. Aspal-aspal mulai rusak sebab tidak dirawat. Hujan dan banjir memperbesar rusaknya jalan. Beban yang berlebihan yang dimuat truk dan bis ikut mempercepat rusaknya jalan.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a.  balasan dari rusaknya jalan
b.  penyebab kerusakan jalan
c.  banyak jalan yang dilewati kendaraan
d.  aspal jalan mulai rusak sebab tak dirawat

3.        Menjadi   filatelis   atau   pengumpul   prangko   sudah   dianggap   kuno.   Di   tengah perkembangan teknologi,  banyak  pilihan  untuk  menikmati  hobi  dan  hiburan.  Ada hobi game online, fashion, beternak, dll. Mengumpulkan  prangko  dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai ditinggalkan orang.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a. kegemaran orang kala sekarang
b. anggapan filatelis itu kuno
c.  banyak  opsi  untuk  menikmati  kegemaran  dan  hiburan
d.  jenis-jenis hobi

4.        Perayaan tahun baru yang berjalan semarak di Jakarta meninggalkan sejumlah problem. Satu di antara persoalan tersebut yakni rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. Kerusakan taman ini mirip terlihat di Monas Jakarta. Hampir semua tumbuhan hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.
Ide pokok bacaan di atas adalah ... .
a.  peringatan tahun gres berjalan semarak
b.  dilema yang muncul setelah peringatan tahun baru
c.   taman kota di Jakarta rusak
d.   tumbuhan hias rusak diinjak-injak

5.        Udara di Bogor terasa hambar.  Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. Data tingkat suhu udara ini, terdapat  di papan isu pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.
Ide pokok bacaan di atas yaitu ... .
         a. suhu di Bogor mencapai 24ºC
         b. keadaan di Bogor
         c. keadaan cuaca di Bogor yang masbodoh
        d. gosip suhu di jalan-jalan Kota Bogor

Baca juga: Unduh Soal Try Out US/M

6.        Pohon menunjukkan banyak faedah bagi manusia dan makhluk hidup lain. Pohon berperan sebagai sumber makanan, obat, dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang tidak kalah penting yakni penghasil udara segar.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a.  faedah pohon bagi kehidupan
b.  pohon sebagai penghasil udara segar
c.  pohon sebagai sumber kuliner
d.  Salah satu tugas pohon

7.        Pupuk organik yakni pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk tersebut mampu berasal dari kotoran binatang. Selain itu, kotoran insan dapat dibentuk untuk pupuk jenis ini. Ada pula pupuk organik yang berasal dari sisa tumbuhan misalnya flora orok-orok.
Ide pokok bacaan di atas yakni ... .
a. pupuk dari kotoran binatang
b. sisa-sisa makhluk hidup
c. pengertian pupuk organik
d. kotoran insan mampu dijadikan pupuk

8.        Para petani banyak diuntungkan dengan memanfaatkan pupuk organik. Jangka waktu kesuburan tanah menjadi makin usang. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pupuk juga semakin murah. Hasil panennya pun lebih menyehatkan jika dikonsumsi. Harga jual hasil panen dengan pupuk organik di pasaran lebih tinggi.  Dengan demikian, petani mendapatkan keuntungan yang berlipat.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a. laba petani yang berlipat
b. manfaat pembuatan pupuk organik
c. hasil panen pupuk organik
d. laba menggunakan pupuk organik

9.        Persahabatan Annisa dan Fatimah begitu erat. Pemikiran dan hobi mereka sangat sesuai. Mereka telah akrab sedari kecil. Hubungan keduanya sangat bersahabat mirip tidak mampu dipisahkan.
Ide pokok bacaan di atas yaitu ... .
a. persahabatan dua anak yang akrab
b. bentuk persahabatan
c.  jenis persahabatan
d. Annisa dan Fatimah tidak mampu dipisahkan

10.    Festival rakyat di daerahku sungguh meriah. Acara tersebut diadakan di alun-alun bersahabat keraton. Di sana banyak pedagang yang menjual banyak sekali macam barang keperluan masyarakat, misal baju, sepatu, dan tas. Tidak cuma barang-barang, mereka juga menjual makanan tradisional. Wah, ekspo ini sangat meriah.
Ide pokok bacaan di atas yaitu ... .
a. program di alun-alun dekat keraton
b. bazar rakyat
c. festival rakyat di daerahku
d. kemeriahan ekspo rakyat

Baca juga: Soal US/M Bahasa Indonesia Sesuai Kisi-Kisi

11.    Prestasi olahraga sekolah kita menurun dibandingkan dengan tahun kemudian. Salah satu penyebabnya yaitu pelatihan yang tidak berkesinambungan. Pembinaan olahraga mesti dijalankan sejak dini. Salah satu cara yang kita tempuh yaitu menyelenggarakan beberapa aktivitas ekstrakurikuler olahraga. Siswa mampu menentukan sesuai dengan talenta dan minatnya.
Ide pokok bacaan di atas yakni ... .
a.  penyebab prestasi sekolah
b.  training olahraga yang tidak berkelanjutan
c.  penyebab prestasi anak menurun
d.  penyebab prestasi sekolah menurun

12.    Insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Gangguan tidur ini biasanya disebabkan kecemasan atau beban fikiran, bekerja sampai larut malam, keadaan daerah tidur yang kurang tenteram, sampai kebiasaan menggunakan peralatan elektronik sebelum tidur. Selain itu, hal-hal yang kadang-kadang sepele namun banyak dikerjakan juga mampu mengakibatkan insomnia. Contohnya ialah kebiasaan berolahraga di malam hari beberapa ketika sebelum tidur. Dengan alasan kesibukan, banyak orang di perkotaan yang gres sempat berolahraga pada malam hari. Dengan mengenali penyebabnya, sulit tidur akan lebih gampang dituntaskan.
Ide pokok bacaan di atas yakni ... .
a. aspek penyebab tak bisa tidur
b. akibat dari tak bisa tidur
c. pemahaman sulit tidur
d. jenis penyakit gangguan tidur

13.    Penyakit influenza termasuk ke dalam penyakit yang penularannya sungguh gampang. Penyakit ini menyebar dari satu orang ke orang lain lewat kontak langsung. Menurut penelitian terbaru, penyebaran virus flu sangat terkait dengan level kelembapan udara. Di negara beriklim sedang seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu lazimnya terjadi di isu terkini masbodoh. Sementara di negara tropis influenza menyebar di musim penghujan.
Ide pokok bacaan di atas yaitu ... .
a. jenis penyakit yang penularannya mudah
b. mudahnya menular
c. penyebaran penyakit influenza
d. penyebab penyakit influenza

14.    Memainkan alat musik sasando tidaklah gampang. Dibutuhkan harmonisasi perasaan dan teknik sehingga tercipta alunan nada merdu. Selain itu, dibutuhkan keterampilan jari-jemari untuk memetik dawai mirip pada harpa.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a. teknik memainkan sasando
b. memainkan sasando itu sukar
c. memainkan sasando tidak sukar
d. ciri-ciri alat musik sasando

15.    Kelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo semakin terancam. Pasalnya, di sana kini mulai hadir penambang liar. Mereka mencari emas. Penambang liar tersebut jumlahnya mencapai ratusan orang.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a.    terancamnya kelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu
b.    penambangan liar di hutan Suaka Margasatwa Nantu
c.    penyebab penambangan liar di hutan Suaka Margasatwa Nantu
d.    menangkal penambangan liar di hutan Suaka Margasatwa Nantu

Baca Juga: Soal US/M Bahasa Indonesia 2017 dan Kunci Jawaban

Cek dengan Kunci Jawaban

Setelah menjawab soal-soal mencari inspirasi pokok di atas, ada baiknya silakan koreksi jawaban dengan kunci jawaban yang sudah Dapur Imajinasi sediakan. Kunci jawaban ini akan menjadi anutan koreksian sehingga Sobat Dapur Imajinasi mampu tahu seberapa kemampuan Sobat dalam mengetahui bahan mencari ide pokok yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Kunci Jawaban 15 soal di atas.
1.      C
2.      B
3.      B
4.      B
5.      C
6.      A
7.      C
8.      D
9.      A
10.    D
11.    D
12.    A
13.    C
14.    B
15.    A

Itulah penjelasan perihal soal mencari wangsit pokok dan kami hidangkan lima belas soal tentang mencari ide pokok. Semoga berguna dan menjadi lebih paham bahan inspirasi pokok pelajaran bahasa Indonesia.
All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now