Cara Gampang Memperkenalkan Diri Dengan Bahasa Jawa Disertai Arti

shape image

Cara Gampang Memperkenalkan Diri Dengan Bahasa Jawa Disertai Arti

Memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa mungkin saja diperlukan dalam suatu aktivitas. Di sekolah yang menerapkan pembelajaran bahasa Jawa, bahan memperkenalkan diri bisa menjadi materi pokok sebelum diajarkan bahan bahasa Jawa lainnya. Hal ini dikarenakan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa bisa memberi dampak yang besar terhadap pesona seorang siswa kepada bahasa Jawa. Setidaknya, dengan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa, siswa akan mengetahui dirinya sendiri dengan bahasa Jawa yang ia ucapkan.

Di kurun globalisasi ini, pengaruh bahasa ajaib sangatlah kentara. Perlahan banyak bahasa tempat yang mulai ditinggalkan pemakainya. Orang Jawa sendiri banyak yang memilih bahasa Indonesia selaku bahasa pengantar dibandingkan dengan bahasa Jawa. Karena fasilitas dan kebiasaan dalam memakai bahasa Indonesia, lambat laun penggunaan bahasa Jawa pun kian berkurang, terlebih bahasa krama yang dinilai memiliki nilai kesantunan yang sangat tinggi.

Nah, supaya bahasa Jawa tetap terjaga dengan baik. Marilah bertahap tetap mempelajari bahasa Jawa. Salah satunya dengan mempelajari cara memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika aku mengajar bahasa Jawa di kelas, siswa kelas VI yang aku asuh cukup kesulitan ketika aku suruh maju memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika aku ajarkan dengan acuan di bawah ini, ternyata mereka mampu memperkenalkan diri mereka dengan bahasa Jawa walaupun ada yang tanpa kendala dan agak tidak tanpa hambatan.

Berikut Contoh Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Jawa




Assalamualaikum wr.wb.
Nuwun sewu, nderek nepangaken, nami kula Mukidi. Kula lair wonten Sukoharjo rikala 13 Juni 2004. Umur kula sakniki sampun 12 tahun. Agami kula Islam. Griya kula wonten ing Perum Senengmesem No 12, Gentan, Sukoharjo.

Kula putra mbarep. Sederek kula wonten kaleh. Adik kula namine Mukijan lan Mukini. Asma bapak kula Mukidjo. Menawi ibu kula asmanipun Mukinem. Bapak kula ngasta wonten kantor walikota Solo. Piyambakipun dados petugas bendahara. Menawi ibu kula wonten griya dados ibu rumah tangga.
 
Kula niku salah satunggaling murid wonten Sekolah Dasar Nusa Surakarta. Kula sakniki sampun kelas VI. Kula gadah kasenengan inggih menika nembang Jawa lan maca buku. Kula gadah gegayuhan inggih menika dados menteri pendidikan amargi kula pengin majukaken pendidikan wonten ing Indonesia. Kangge mawujudaken menika, kula kudu sregep sinau lan dedonga. Kula ugi gadah semboyan, inggih menika pantang mengalah lan terus perjuangan dados tiyang ingkang sae supados selamet wonten donya lan darul baka.

Cekap semanten tetepangan saking kula, akhiru kalam wassalamualaikum wr. wb.


(Baca juga: Contoh Cerkak/Cerita Pendek Bahasa Jawa)

Arti contoh perkenalan diri dengan bahasa Jawa

Assalamualaikum wr.wb.
Permisi, mohon kesediaan waktunya untuk saya memperkenalkan diri, nama aku Mukidi. Saya lahir di Sukoharjo, 13 Juni 2004. Sekarang umur saya telah 12 tahun. Saya beragama Islam. Alamat saya di Perum Senengmesem No. 12, Gentan, Sukoharjo.
Saya adalah anak pertama. Saudara aku ada dua. Adik aku namanya Mukijan dan Mukini. Ayah aku bernama Mukidjo. Sementara itu, ibu aku berjulukan Mukinem. Ayah aku melakukan pekerjaan di kantor walikota Solo. Beliau menjadi petugas bendahara. Sementara itu, ibu aku di rumah menjadi ibu rumah tangga.

 Saya merupakan salah satu murid di SD Nusa Surakarta. Sekarang saya sudah kelas VI. Saya punya kegemaran ialah menyanyi lagu Jawa dan membaca buku. Saya punya harapan, yakni menjadi menteri pendidikan alasannya adalah aku ingin meningkatkan pendidikan di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, saya harus rajin berguru dan berdoa. Saya juga punya semboyan, yakni pantang mengalah dan terus berupaya menjadi orang yang bagus supaya selamat di dunia maupun akhirat.
Cukup sekian perkenalan dari saya, akhiru kalam wassalamualaikum wr. wb.

Itulah pola teks memperkenalkan diri dengan memakai bahasa Jawa. Teks tersebut hanyalah acuan dan bisa diubah sesuai identitas yang hendak memperkenalkan diri. Untuk langkah-langkah memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa dapat mengikuti tips-tips di bawah ini.


Tips memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa

1. Buat/edit teks perkenalan diri menggunakan bahasa Jawa di atas dengan identitasmu

2.  Baca dan ketahui artinya (jangan dihafalkan)

3.  Jika perlu dihafalkan, cukup hafalkan saja keyword atau urutannya

4.  Siapkan mental dan iktikad diri sebelum memperkenalkan diri

5.  Perkenalkanlah dirimu dengan bahasa Jawa dengan yakin diri dan bunyi yang cukup untuk didengar.


Sobat DapurImajinasi yang ingin memakai artikel ini untuk pembelajaran, sumber belajar, atau soal, silakan menggunakannya dan mohon keikhlasannya untuk mengikuti blog ini atau memberi komentar di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan teruslah berimajinasi.
All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now