Peran Online Bahasa Indonesia Kelas Vi

shape image

Peran Online Bahasa Indonesia Kelas Vi



Pada postingan kali ini DapurImajinasi akan menyajikan Tugas Online Bahasa Indonesia Kelas VI. Di postingan peran online ini, terdapat beberapa materi bahasa Indonesia yang disajikan. Ada bahan tentang jenis paragraf, istilah, kata baku, kata bentukan, unsur intrinsik dongeng, dan lain-lain. Di sini akan dibagikan soal secara tertulis dan secara online. Teman-sobat mampu melakukan eksklusif lewat soal online dengan mengisi identitas secara lengkap dan mengisi tanggapan yang ada. Untuk melakukan soal online ada aturannya, yaitu tanggapan ditulis dengan aksara kecil semua dan sesuai petunjuk yang ada di soal.

Soal-soal bahasa Indonesia kelas 6


1. Sayuran mengandung vitamin yang penting bagi badan. Sayuran juga mengandung mineral untuk pengatur metode tubuh. Sayuran memang sungguh bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi berkala sayuran, kebutuhan serat kita juga akan tercukupi.
Berdasarkan letak kalimat terutama paragraf tersebut tergolong jenis paragraf ... .

2. Buah ini sungguh masam jikalau belum matang. Buah ini sering dijadikan manisan. Bijinya mirip berakar. Daging buahnya sangat yummy jikalau dibentuk rujak. Ya, buah ini yakni buah kedondong. 
Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

3. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan alam itu di antaranya adalah laut yang kaya akan ikan dan terumbu karang. Tidak hanya itu, hutan dan isinya sungguh bermanfaat untuk rakyat Indonesia. Barang tambang juga ikut andil yang besar dalam menyumbang devisa negara.
Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf tersebut tergolong jenis paragraf ... .

4. Suatu hari, seekor rusa jantan mendatangi seekor domba. Ia meminta biar domba tersebut meminjamkan segenggam terigu. Sang Domba kurang yakin kepada kejujuran rusa jantan. Sang Domba pun menguji kejujuran si rusa jantan.
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

5. Aku pernah ke Pantai Nampu. Pantai ini berada di Wonogiri. Pantai yang memiliki batas dengan Pacitan ini memiliki pemandangan yang indah. Pasir putihnya indah memanjakan mata. Saat air maritim surut, pengunjung pantai ini bisa bermain di antara karang laut.
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut tergolong jenis paragraf ... .

6.Generasi sekarang yaitu generasi ponsel berilmu. Semua menjadi mudah dengan memakai ponsel cendekia. Saat menjalankan soal seperti ini, pasti banyak yang menggunakan ponsel pintar. Namun, kerap kali ponsel disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Untuk itu, mari kita gunakan ponsel berakal untuk hal-hal yang bermanfaat.
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

7. Hal yang kali pertama dijalankan ketika kita terkena luka ialah bersihkan luka tersebut dengan air higienis. Akan lebih baik lagi kalau air higienis tersebut diberi antiseptik. Setelah itu, berilah obat merah pada luka tersebut. Agar tidak dimasuki kuman, balut luka tersebut dengan perban atau plester steril.
Berdasarkan isinya, jenis paragraf tersebut yaitu paragraf ... .

8. Persis Solo akan bertanding dengan Barcelona. Banyak orang yang yang mewaspadai kemampuan Persis Solo mampu menang, bahkan seri pun tidak diperkirakan. Namun, ketika hari pertandingan semua orang terkejut. Persis Solo mengalahkan Barcelona dengan skor 1 – 0. 
Ungkapan yang tepat untuk Persis Solo yakni ... .

9. Kemarin, di halaman SD Tamirul Islam (ada) kegiatan bakti sosial.
Kata "ada" semestinya ditulis ... .

10. Anak itu dituduh bersalah, padahal kenyataannya ia tidak melaksanakan perbuatan yang dituduhkan.
Ungkapan yang sempurna untuk ilustrasi tersebut yaitu ... .

11. Setelah membeli obat dari apotek, ia menerima kwitansi dari petugas. Ia pun secepatnya minum obat yang dibelinya sesuai hikmah dokter. Kemarin, beliau didiagnosis menderita migren.
Kata yang tidak baku dalam bacaan tersebut adalah ... .

12. Ia segera mengambil sehelai pedang yang beliau simpan di belakang lemari.
Kata yang salah dalam kalimat tersebut ialah ... .

13. Jakarta lebih padat setelah musim mudik idul fitri rampung alasannya adalah orang desa banyak yang pindah mencari pekerjaan ke kota tersebut.
Istilah yang artinya perpindahan masyarakatdari desa ke kota disebut ... .

14. Ani lebih gemuk ... Ina.
Kata depan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ... .

15. Ketika Kijang Kencana mengentak-entakkan kakinya ke lantai istana, muncullah batangan-batangan emas seperti yang diminta Raja. Namun, sang Raja tidak pernah puas dengan emas yang dihasilkan kijang. Ia tetap mencambuk kijang itu. Kijang Kencana pun murka dan mengubah semua emasnya menjadi lumpur.
Latar tempat cerita tersebut yaitu di dalam ... .

16. Tadi malam, beliau gres saja dimarahi oleh ayahnya. Ia dimarahi alasannya adalah kemarin sore dia sudah mendustai ibunya. Pagi ini beliau merasa malas sekali untuk berangkat sekolah. Namun, alasannya adalah siang nanti ada komitmen dengan temannya, beliau pun segera beranjak merencanakan diri berangkat sekolah.
All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now