Lagu Mariam Tomong, Diikuti Lirik Dan Karaoke

shape image

Lagu Mariam Tomong, Diikuti Lirik Dan Karaoke

 menyajikan postingan tentang lagu Mariam Tomong  Lagu Mariam Tomong, Disertai Lirik dan Karaoke

Kali ini DapurImajinasi menyajikan postingan wacana lagu Mariam Tomong, disertai lirik dan karaoke. Tidak dimungkiri Indonesia ialah bangsa yang besar dan luas wilayahnya. Di dalamnya terdapat beragam suku dan budaya. Khasanah budaya Indonesia menyimpan peluanglokal yang hebat, salah satunya ialah lagu kawasan. Salah satu lagu tempat yakni Mariam Tomong.

Asal Lagu Mariam Tomong

Lagu Mariam Tomong adalah lagu kawasan yang berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara. Lagu Mariam Tomong menjadi salah satu lagu daerah yang dapat dipelajari di Buku Siswa Tema 3 kelas 6. Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 memiliki tema Tokoh dan Penemuan. Semantara itu, untuk lagu Mariam Tomong dimasukkan dalam muatan pelajaran SBdP. 

Lirik dan Arti Lagu Mariam Tomong

Arti lirk lagu Mariam Tomong yakni mengenai perjuangan putra dan putri batak dalam menghalau penjajah dengan menggunakan senjata berbentukmeriam bambu. Mereka menganggap Meriam bambu sama seperti senapan mesin. Lagu daerah Mariam Tomong termasuk lagu kawasan yang mudah dipelajari. Liriknya mudah dihafal. Walaupun dari daerah lain, liriknya tidak sulit untuk dinyanyikan. Berikut lirik lagu Mariam Tomong.

Mariam Tomong

Salendang ma di ginjang kain panjang ma ditoru
Pangeol ni gonting ma songon dengke ma mangolu
O mariam tomong dainang
Sinapang masin
O mariam tomong dainang
Sinapang masin
Sementara itu, berikut lirik lagu Mariam Toming beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Arti Lirik Mariam Tomong

Salendang ma di ginjang kain panjang ma ditoru. Lirik tersebut mempunyai arti selendangnya di atas, kain panjangnya di bawah.
Pangeol ni gonting ma songon dengke ma mangol. Lirik tersebut memiliki arti gaya itu pinggangnya bagai ikan yang hidup.
O mariam tomong dainang berarti O meriam bambu, ibunda.
Sinapang masin berarti senapan mesin.
O mariam tomong dainang bermakna O meriam bambu, ibunda
Sinapang masin mempunyai arti senapan mesin.

Video Lirik Lagu Mariam Tomong

Karena materi ihwal lagu Mariam Tomong terdapat di buku tematik kelas 6, tepatnya di tema 3 sebagai muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), banyak guru dan siswa yang mencari pola lagu tersebut. Untuk itu, di sini saya akan memberi acuan video lagu Mariam Tomong. Video lagu Mariam Tomong berikut sudah ada musik, vokal, dan disertai lirik. Oleh sebab itu, bisa menjadi media pembelajaran yang mempesona dan mudah dipahami siswa. Lagu Mariam Tomong memakai nada dasar C= do. Lagu ini menggunakan tempo Con Brio. Hal ini artinya lagu Mariam Tomong harus dinyanyikan dengan semangat dan berapi-api.

 

Video Lagu Mariam Tomong Versi Karaoke

Di artikel ini, juga aku sajikan video lagu Mariam Tomong yang versi karaoke. Banyak guru yang menugasi siswanya untuk menghafalkan lagu Mariam Tomong. Nah, lagu Mariam Tomong model karaoke ini pastinya mampu dijadikan media pembelajaran. Video ini mampu menjadi sarana siswa dalam menghafalkan lagu tersebut. Mariam Tomong ini juga sudah dibarengi lirik sehingga gampang sekali untuk dihafalkan. Lagu kawasan lazimnya sulit dihafal bila yang menghafalkannya bukan dari daerah asal lagu tersebut. Namun, lagu Mariam Tomong yang berasal dari Tapanuli ini tergolong lagu kawasan yang gampang dihafal. Silakan video lagu Mariam Tomong model karaoke ini dibagikan terhadap guru atau siswa sehingga bisa memberi nilai manfaat yang lebih luas.


All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Opening Company

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now